ASTUTI , DIAN FITRI (2011) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI JANTI 1 KLATEN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK MATERI BANGUN DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD N Janti 1, Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (75kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode index card match untuk meningkatkanhasil belajar dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IVSD N Janti I Klaten yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 17,64 %, pada putaran I sebesar 29,41 %, pada putaran II sebesar 41,17 %, dan di akhir putaran mencapai 58,82 %, 2) memberikan tanggapan atas jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 5,88 %, pada putaran I sebesar 17,64 %, pada putaran II sebesar 29,41 %, di akhir putaran mencapai 47,05 %, 3) mengajukan ide atau tanggapan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 17,64 %, pada putaran I sebesar 23,52 %, pada putaran II sebesar 29,41 %, di akhir putaran mencapai 41,17 %, 4) membuat kesimpulan materi sebelum diadakan tindakan sebesar 11,76%, pada putaran I sebesar 29,41 %, pada putaran II sebesar 35,29 %, di akhir putaran mencapai 58,82 %, serta 5) menyelesaikan soal sesuai KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 47,05 %, pada putaran I sebesar 58,82 %, pada putaran II sebesar 70,58 %, dan di akhir putaran mencapai 88,24 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok materi bangun datar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | index card match, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 09:37 |
Last Modified: | 05 Jul 2011 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |