NURAINI , ANNISA’ DHIAN (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARDOWO 2 (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf Download (151kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_Bab_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
4_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
5_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab V)
7_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA_Jadi.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik pengujian ini diproses dengan triangulasi data. Teknik triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis dari berbagai sumber data yang berbeda. Triangulasi metode dilakukan dengan cara mengumpulkan data sejenis tetapi dengan menggunakan teknik atau metode pengumpulan data yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran menulis karangan narasi.Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 46,58%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 50,48% ( mengalami peningkatan sebesar 3,9% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai 61,70% ( mengalami peningkatan sebesar 11,22% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 24,59% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar Bahasa Indonesia, media Media Gambar Seri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 05:56 |
Last Modified: | 05 Jul 2011 05:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13296 |
Actions (login required)
View Item |