APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII PK SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MEILIA , IKA PUTRI (2011) APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII PK SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Motivasi belajar siswa kelas VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengapilkasikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament, 2) Hasil belajar siswa kelas VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kualitatif dengan cara menghitung rata-rata di setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ratarata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII PK pada siklus I (Skor motivasi = 60, 15 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 58,84; Aspek afektif = 38,39 (termasuk kategori berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus II (Skor motivasi = 62,97 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 71,53; Aspek afektif = 39,76 (termasuk kategori berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus III (Skor motivasi = 67,19 (termasuk kategori sangat baik); Aspek kognitif = 86,53; Aspek afektif = 42,23 (termasuk kategori sangat berminat)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar biologi, model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams-Games-Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 05:03
Last Modified: 05 Jul 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item