PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Prawita , Ayurisky (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data kemandirian dan motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikanmemiliki tx1= 3,464 > 2,035 sehingga kesimpulan nya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,170 > 2,035 sehinga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,097 dan Ftabel sebesar taraf signifikasi 5% atau Fhitung > F tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simulan variabel kemandirian belajar (X1)dan motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar matematika (Y). Untuk uji R2 diperoleh angka sebesar 0,478% artinya bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan prestasi belajar sebesar 4,78% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Motivasi, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 09:05
Last Modified: 28 Jun 2011 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item