KUSMIATI , YULI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayaan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda misalnya observasi, dokumentasi, tes, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tentang koperasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada kondisi awal hanya 57,81%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 67,19% (mengalami peningkatan sebesar 9,38%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 81,56% (mengalami peningkatan 14,37%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2011 05:31 |
Last Modified: | 28 Jun 2011 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13154 |
Actions (login required)
View Item |