PEMETAAN BUTIR SOAL DALAM KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU

ELINAWATI , ELINAWATI (2011) PEMETAAN BUTIR SOAL DALAM KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (BabV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas VIII di SMPN 3 Colomadu, (2) mengidentifikasi validitas butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu, dan (3) memaparkan ketercapaian tujuan pembelajaran butir soal semeter gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 3 Colomadu Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif berkaitan dengan identifikasi terhadap soal ujian semester gasal kelas VIII mata pelajaran bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini berupa soal ujian, kunci jawaban, jadwal ujian, hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data penelitian berupa hasil ujian kelas VIII B. Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian data, sintesis data, dan membuat kesimpulan dari data yang diperoleh. Data yang dikumpul dianalisis dipetakan berdasarkan SK dan KD, validitas, serta ketercapaian tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, soal Ujian Semester Gasal (UAS) bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu memiliki kesesuaian terhadap SK dan KD pada semester gasal. Akan tetapi, dalam persebaran soal, ada 39 butir soal memili relevansi langsung dengan kompetensi dalam SK dan KD, dan sejumlah 16 butir soal memiliki relevansi tidak langsung dengan kompetensi dalam SK dan KD. Kedua, berdasarkan penghitungan validitas pada signifikasi 5%, diketahui 17 butir soal valid dan 38 butir soal tidak valid. Ketiga, dari ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat 38 butir soal yang 17 butir soal yang belum tercapai. Yang dimaksud tercapai adalah hasil persentase ketercapaian tujuan pembelajaran berada di atas 60%. Yang dimaksud belum tercapai adalah hasil persentase ketercapaian berada di bawah 60%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-26
Uncontrolled Keywords: pemetaan butir soal, validitas, ketercapaian tujuan pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 09:18
Last Modified: 25 Oct 2011 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item