WAHYUNI , SRI (2011) RELEVANSI SOAL SASTRA PADA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 DENGAN KTSP (SK DAN KD), MATERI PELAJARAN, METODE, DAN EVALUASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (237kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (216kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan kesesuaian penerapan KTSP (SK dan KD), materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta, (2) mendeskripsikan relevansi UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP dan materi pelajaran di MAN I Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah relevansi soal sastra pada UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP, materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta. Data penelitian kualitatif ini adalah butir soal sastra pada UN tahun pelajaran 2009/2010, KTSP, materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa, soal sastra pada UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP, materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi partisipasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data di lapangan Model Miles and Huberman. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas internal. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Penerapan KTSP (SK dan KD) di MAN I Surakarta dilihat dari SK dan KD yang diajarkan guru sesuai dengan SK dan KD yang ada dalam KTSP. Walaupun ada beberapa SK dan KD yang cakupanya lebih luas atau lebih sempit dari pada SK dan KD yaang telah ditetapkan dalam KTSP. (2) Materi pelajaran yang digunakan guru bervariasi. Materi pelajaran menyesuaikan SK dan KD apa yang diajarkan guru. (3) Metode pengajaran yang digunakan guru bervariasi, sesuai dengan SK dan KD masing-masing. (4) Evaluasi yang digunakan guru juga bervariasi, hal ini menyesuaikan SK dan KD apa yang sedang diajarkan. (5) Relevansi soal sastra pada UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP (SK dan KD) adalah sesuai untuk keterampilan menulis dan membaca, karena semua soal baik paket 14 (soal A) mapun paket 47 (soal B) memilki payung SK dan KD.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A310/2011-42 |
Uncontrolled Keywords: | UN tahun pelajaran 2009/2010, KTSP (SK dan KD), Materi pelajaran, Metode, dan Evaluasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2011 09:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 03:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13105 |
Actions (login required)
View Item |