PEMEROLEHAN KALIMAT ANAK USIA 6-7 TAHUN MELALUI PENCERITAAN KEMBALI CERITA UPIN DAN IPIN_BASIKAL BARU DI SD NEGERI BAKIPANDEYAN 01 BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

NUGRAHA , OKTAVIAN ADITYA (2011) PEMEROLEHAN KALIMAT ANAK USIA 6-7 TAHUN MELALUI PENCERITAAN KEMBALI CERITA UPIN DAN IPIN_BASIKAL BARU DI SD NEGERI BAKIPANDEYAN 01 BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Pemerolehan Kalimat Anak Usia 6-7 Tahun melalui Penceritaan Kembali Cerita yang dilihat. Mengkaji Jumlah Kalimat, Variasi Kalimat, Diksi, dan Kelas Kata yang diujarkan dan diperoleh anak–anak usia 6-7 tahun melalui kegiatan penceritaan kembali cerita yang dilihat. Cerita disini yang dilihat, cerita Upin dan Ipin_Basikal Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Diskriptif Kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas II.B dengan jumlah siswa 22 anak. Objek penelitian hasil penceritaan kembali cerita yang dilihat oleh anak-anak usia 6-7. Dalam memperoleh data, menggunakan teknik simak libat cakap. Selanjutnya, teknik simak libat cakap ini diikuti dengan teknik lanjutan yang berupa teknik rekam dan terakhir teknik catat. Siswa melihat cerita Upin dan Ipin_Basikal Baru yang berdurasi kurang lebih 10 menit, setelah itu siswa satu persatu menceritakan kembali cerita yang dilihat dengan bahasa mereka sendiri, saat itulah peneliti menggunakan teknik simak libat cakap untuk memperhatikan dan teknik rekam untuk mendapatkan cerita anak. Sertelah itu menyimak bahasa yang digunakan dengan teknik catat. Untuk analisis data menggunakan metode analisis padan dan agih. Berdasarkan analisis penelitian dapat disimpulkan pemerolehan kalimat anak usia 6-7 tahun melalui penceritaan kembali cerita yang dilihat jumlah kalimat anak usia 6 tahun 4-11 kalimat dan 7 tahun 9 - 20 kalimat. Variasi kalimat menggunakan kalimat berita dan struktur kalimat sering digunakan “S P Pel”. Diksi jumlah kata anak usia 6 tahun 19- 73 dan anak usia 7 tahun 45-111 kata, kata yang sering diulang lalu, ia, mau, terus dan kata tidak baku eh, sek, pengen, mau, dinaiki, kusuruh. Kelas kata jumlah verba usia 6 tahun 3-10 dan usia 7 tahun 5-15, Nominal usia 6 tahun 3-13 dan usia 7 tahun 6-16, Adjektiva usia 6 dan 7 tahun 1-2, Adverbia usia 6 dan 7 tahun 1-3, kata tugas anak usia 6 tahun 1-5 dan usia 7 tahun 3-7. Pemerolehan kalimat penelitian yang telah dilakukan adanya perbedaan perbendaharaan kalimat pada anak usia 6 dan 7 tahun sesuai dengan perkembangan mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sintaksis, diksi, jumlah kalimat, kelas kata, variasi kalimat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 08:28
Last Modified: 24 Jun 2011 08:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item