PURNANTO , ARIF WIYAT (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN PERMAINAN BISIK BERANTAI SISWA KELAS 2 SD NEGERI NGROMBO 1 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (296kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan permainan Bisik Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ngrombo 1 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, tes/pemberian tugas dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan permainan Bisik Berantai kemampuan menyimak siswa meningkat. Hal itu ditandai dengan : 1) adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak, sebelum tindakan ada 50%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 2) adanya peningkatan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak sebelum tindakan 50%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 3) adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, sebelum tindakan ada 58,33%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 4) Adanya peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dari tercapainya target siswa (KKM) sebelum tindakan sebesar 58,33% sesudah tindakan mencapai 95,83%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menyimak, bisik berantai. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2011 06:13 |
Last Modified: | 23 Jun 2011 08:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13072 |
Actions (login required)
View Item |