PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

ARISTYA, FERRY (2011) PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 siswa, dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru matematika kelas IV dan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan naik menjadi 56%, 2) Banyaknya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 16%, sesudah tindakan naik menjadi 64%, 3) Banyaknya mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan sebesar 12%, sesudah tindakan naik menjadi 60%, 4) Banyaknya siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 80%, 5) Banyaknya siswa menyanggah atau menyetujui ide teman sebesar 24%, sesudah tindakan naik menjadi 72%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi genius learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, strategi genius learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 08:35
Last Modified: 21 Jun 2011 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13057

Actions (login required)

View Item View Item