PRASETYANINGRUM , YUNITA FITRIANA (2011) PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KEC KERJO KAB KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.PDF Download (307kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (231kB) |
|
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) apakah proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian melalui strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian sesudah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, atau observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran Giving Question And Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto Kec Kerjo Kab Karanganyar Tahun 2010/2011. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang semula hanya 61,30%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 73,47% (mengalami peningkatan sebesar 12,17%).Sedangkan pada siklus II hasil yang dicapai 86,08% (mengalami peningkatan sebesar 12,61%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Strategi Giving Question And Getting Answer |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 06:05 |
Last Modified: | 17 Nov 2012 05:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
View Item |