RIYADI , DANANG SUGENG (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (184kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah 32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24 siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Based Learning, hasil belajar, materi makhluk hidup dan lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 05:36 |
Last Modified: | 21 Jun 2011 05:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13051 |
Actions (login required)
View Item |