PENINGKATAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN METODE PLANNING FOR LEARNING BASED OF INSTRUCTION (PTK SMP IP AL MADINAH BOYOLALI KELAS VII)

KUSUMAJATI , MUSTIKA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN METODE PLANNING FOR LEARNING BASED OF INSTRUCTION (PTK SMP IP AL MADINAH BOYOLALI KELAS VII). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
berkas2_depan.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan pengaruh metode planning for learning based of instruction terhadap hasil belajar matematika. Jenis Penelitian ini penelitian kualitatif berdesain Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti sedangkan guru matematika sebagai observer yang mencatat apa yang terjadi selama dilakukan tindakan. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP IP Al Madinah Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Obyek penelitian adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan metode planning for learning based of instruction. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan metode planning for learning based of instruction. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Kemampuan siswa dalam bertanya/ mengeluarkan ide, meningkat dari 11,11 % menjadi 45,45%. 2) Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal didepan kelas, meningkat dari 16,57% menjadi 51,51%. 3) Kemampuan siswa dalam mengerjakan latihan soal mandiri, meningkat dari 77,78% menjadi 100%. 4) Rata-rata kelas, meningkat dari 69,11 menjadi 85,79. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode planning for learning based of instruction dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode planning for learning based of instruction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 03:59
Last Modified: 21 Jun 2011 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item