PERDANA , TEGAR BAYU ANDHI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Cover-Abstrak_Bayu.pdf Download (82kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I_Bayu.PDF Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_Bayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III_Bayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_Bayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V_Bayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka_Bayu.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._lampiran-lampiran_Bayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui strategi penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kesiapan siswa mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 31,43 % dan diakhir putaran mencapai 76,47 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 48,57 %, dan diakhir putaran sebesar 88,24 %, 3) semangat mengerjakan soal latihan dari guru sebelum diadakan putaran sebesar 45,71 %, dan diakhir tindakan sebesar 85,17 %, 4) antusiasme siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 14,29 %, dan diakhir tindakan mencapai 55,88 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, pembelajaran, penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 08:21 |
Last Modified: | 20 Jun 2011 08:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13035 |
Actions (login required)
View Item |