RAHAYUNINGSIH , RIA SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data, metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mau menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 12,12%, putaran I 28,13%, putaran II 41,94% dan di akhir tindakan 62,50%, b) mau bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,09%, putaran I 21,88%, putaran II 38,71% dan di akhir tindakan 50%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,06%, putaran I 12,50%, putaran II 32,26% dan di akhir tindakan 53,13% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai KKM yaitu 68 sebelum tindakan 24,24%, putaran I 40,63%, putaran II 70,97% dan di akhir tindakan 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa (1) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan minat belajar siswa dan (2) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, hasil belajar, mastery learning with quiz team. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 08:05 |
Last Modified: | 20 Jun 2011 08:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13032 |
Actions (login required)
View Item |