SURYANI , ELLYS PUTRI (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_&_Halaman_Depan.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Lampiran 1)
Halaman_90-91.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Lampiran 2)
Halaman_92-93.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Lampiran 3)
Halaman_94-95.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Lampiran 4)
Halaman_96-97.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Lampiran 5)
Halaman_98-99.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
PDF (Lampiran 6)
Halaman_100-102.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Lampiran 7)
Halaman_103-104.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Lampiran 8)
Halaman_105-109.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
PDF (Lampiran 9)
Halaman_110-111.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (lampiran 10)
Halaman_112-114.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Lampiran 11)
Halaman_119.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Lampiran 12)
Lampiran_Foto_halaman_115-118.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus saat belajar membaca. Sikap anak tersebut, disebabkan oleh media belajar membaca yang tidak menarik/monoton, dan anak mengikuti kegiatan belajar membaca, dikarenakan rutinitas/rangkaian kegiatan di TK, yang harus dijalani anak, bukan karena kemauan anak sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), setting penelitian berada di TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali, dengan subjek penelitian, anak didik kelompok B. Data yang dikumpulkan adalah data mengenai motivasi belajar membaca anak didik dan pelaksanaan belajar membaca dengan flash card. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan dengan teknik observasi dengan menggunakan instrumen chek list. Data mengenai kegiatan belajar membaca dengan flash card dikumpulkan/dicatat dengan menggunakan teknik catatan lapangan. Kedua data tersebut dianalisis dengan teknik komparatif, untuk membandingkan hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar membaca pada siklus I sebesar 50,83%, meningkat 20% pada siklus II menjadi 70,83% dan pada siklus III meningkat 10% lagi menjadi 80,83%. Dari hasil penelitian berupa prosentase tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa, flash card dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik kelompok B TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, membaca, flash card |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 09:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2011 09:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12841 |
Actions (login required)
View Item |