Analisis Tingkat Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis

Gumilang, Richy Rusdan and , Dewi Novita Sari. S.Si., M.Sc (2024) Analisis Tingkat Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (734kB)
[img] PDF
Halaman Depan.pdf

Download (565kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Kota Bandung merupakan kota terpadat kedua di Indonesia setelah Jakarta dengan kepadatan mencapai 2.555.187 jiwa/km2 pada tahun 2020 kendaraan bermotor yang ada di Kota bandung di tahun 2020 sudah mencapai 1.747.248 unit kendaraan bermotor di kota ini. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan perluasan jalan menyebabkan masalah kemacetan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menganalisis kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan di Kota Bandung; (2) Menganalisis tingkat kemacetan lalu lintas berdasarkan pelayanan ruas jalan. Metode yang digunakan adalah survei dan observasi dengan data primer dan sekunder dari volume lalu lintas (V) dan kapasitas jalan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kapasitas jalan Pada hari kerja (Weekday), jam puncak siang dan sore didominasi oleh tingkat pelayanan F pada 7 ruas jalan dan tingkat pelayanan E pada 1 ruas jalan. Pada akhir pekan (Weekend), jam puncak pagi, siang, dan sore didominasi oleh tingkat pelayanan F pada 11 ruas jalan dan tingkat pelayanan C pada 1 ruas jalan. Tingkat pelayanan F lebih tinggi pada akhir pekan dibandingkan hari kerja dengan rasio 60:40 ruas jalan. (2) Tingkat kemacetan jalan di jalan Dr. Djundjunan dan Pasteur konsisten mengalami kemacetan tinggi baik pada hari kerja maupun akhir pekan, terutama pada siang dan sore hari. Kemacetan pada hari kerja disebabkan oleh tingginya penggunaan kendaraan pribadi untuk sektor industri, pusat perbelanjaan, dan sekolah, sedangkan pada akhir pekan disebabkan oleh banyaknya wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi menuju tempat wisata, pusat hiburan, dan kuliner, serta kurangnya alternatif transportasi umum. Kata kunci : Kota Bandung, Tingkat Pelayanan dan Kemacetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kota Bandung, Tingkat Pelayanan dan Kemacetan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA1 Photogrammetry
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: RICHY RUSDAN GUMILANG
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:39
Last Modified: 17 Oct 2024 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128292

Actions (login required)

View Item View Item