PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

SARI, IDA KARTIKA (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan kenampakan alam. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,99 %, di akhir putaran mencapai 78,95 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 65,79 %, di akhir putaran mencapai 92,10 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,05 %, pada di akhir putaran mencapai 94,74 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 60,53 %, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 94,73 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep dialogue dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, deep dialogue
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:53
Last Modified: 07 Jun 2011 09:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item