UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI

IRMAWAN , SIGIT (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_Daftar_pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_lampirann_belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang adalah observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Tes disini adalah berupa soal-soal menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Analisis data dimulai sejak awal tindakan dilaksanakan dan penyajian data berupa sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang disusun, diatur dan diringkas, sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 77,67 pada siklus II dan 86,67 pada siklus III. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dan 91,67 % pada siklus III dengan KKM 63. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dapat di tingkatkan melalui penggunaan media tiga dimensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media Tiga Dimensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:46
Last Modified: 07 Jun 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item