Nugraheni, Sekar Arum and , Istanto. S.Pd.I, M.Pd, (2024) Faktor Penghambat Pengembangan Sekolah Di SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (460kB) |
|
PDF (Bab I)
bab i.pdf Download (203kB) |
|
PDF (Bab II)
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (Bab III)
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (Bab IV)
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
PDF (Bab V)
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
CamScanner 23-08-2024 23.09.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
Abstract
Pendidikan termasuk salah satu hal utama yang menjadi penentu masa depan penerus bangsa, sehingga sekolah harus dapat memberikan perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Dalam penyelenggaraan pendidikan, sekolah harus senantiasa melakukan suatu perubahan baik strategi, inovasi, maupun perbaikan dalam proses penyelenggaraannya yang didukung oleh stakeholder. Setiap sekolah harus senantiasa melakukan pengembangan baik segi kualitas maupun kuantitas. Alasan penulis melakukan penelitian di SMK Batik 2 Surakarta karena merupakan sekolah yayasan Islam batik yang memiliki visi menjadi lembaga diklat yang menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul di bidang bisnis, manajemen, informatika dan pariwisata yang berkarakter dan berakhlak mulia. Kemudian alasan peneliti melakukan penelitian mengenai hambatan dalam mengembangkan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta seiring berjalannya waktu persaingan pada sekolah semakin ketat. Semakin banyak sekolah baru yang berdiri, maka semakin banyak pula sekolah yang menjadi pesaing SMK Batik 2 Surakarta. Apabila suatu sekolah tidak mampu melahirkan lulusan atau genersi yang sesuai dengan visi misi maka kepercayaan dari masyarakat kepada sekolah tersebut akan berkurang sehingga akan menjadi hambatan untuk mendapatkan siswa baru. Seperti yang dialami oleh SMK Batik 2 Surakarta, dalam kurun waktu empat tahun terakhir sejak 2018 sekolah tersebut mengalami penurunan dalam jumlah murid. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis merumuskan masalah 1) Apa saja faktor penghambat pengembangan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta? 2) Bagaimana upaya sekolah dalam mengembangkan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta?. Dengan tujuan penelitiannya adalah untuk mengidentifikasi faktor penghambat pengembangan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta serta untuk mendeskripsikan upaya Kepala Sekolah dalam mengembangkan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta.. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa faktor penghambat pengembangan sekolah di SMK Batik 2 Surakarta adalah kualitas guru yang kurang, fasilitas sekolah yang kurang memenuhi kriteria, ketidakstabilan keuangan dikarenakan pembayaran SPP yang tidak lancar dan komite sekolah yang tidak bekerja secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Sekolah, SMK Batik 2 Surakarta |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | SEKAR ARUM NUGRAHENI |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 06:48 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127989 |
Actions (login required)
View Item |