UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TAKE AND GIVE ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Juwiring )

FITRIANA , WINDA (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TAKE AND GIVE ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Juwiring ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Take and Give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Juwiring yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Take and Give telah mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa: 1) Siswa yang antusias dalam mengikuti pelajaran dari sebelum tindakan 42,5 % di akhir putaran mencapai 87,5 %. 2) Siswa yang berani mengajukan pertanyaan dari sebelum tindakan 37,5 %, di akhir putaran mencapai 80 %. 3) Siswa yang semangat dalam mengerjakan latihan soal di depan kelas dari sebelum tindakan 40 % di akhir putaran mencapai 85 %, Sedangkan prestasi belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan 57,5 %, dan di akhir putaran mencapai 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Take and Give dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. 

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi, metode Take and Give.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:08
Last Modified: 06 Jun 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item