Prisilla, Rezza Mutiya and , Dr. Wiwien Dinar Pratisti, M.Si., Psikolog (2024) Hubungan Antara Social Support Dan Efikasi Diri Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB_RESSA_Terbaru.pdf Download (228kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
REVISI PUBLIKASI HALAMAN DEPAN.pdf Download (414kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I Terbaru.pdf Download (890kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
|
PDF (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (929kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Flow akademik mahasiswa merupakan fokus atau konsentrasi mahasiswa pada kegiatan belajar mengajar yang didorong oleh minat belajar sehingga menjalani proses belajar mengajar dengan lebih senang dan bahagia. Flow akademik dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti social support dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social support dan efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Hipotesis mayor pada penelitian ini adalah adanya hubungan social support dan efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis minor pada penelitian ini pertama, adanya hubungan positif antara social support dengan flow akademik pada mahasiswa. Kedua, adanya hubungan positif antara efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 260 mahasiswa. teknik pengambilan sampel penelitian berupa accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi a) r = 0,362, nilai F = 19.405, dan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini menunjukkan bahwa korelasi antara social support, efikasi diri dengan flow akademik tergolong sangat signifikan. Dengan kata lain, social support dan efikasi diri berpengaruh pada flow akademik. b) r = 0,296 dan p = 0,015 (p < 0,05), hasil ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif antara social support dengan flow akademik tergolong signifikan. c) r = 0,333 dan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif antara efikasi diri dengan flow akademik tergolong signifikan. Adapun sumbangan efektif diberikan terhadap flow akademik 13,1% dengan rincian sumbangan social support 4,94% dan sumbangan efikasi diri 8,19%. Dari hasil analisis tersebut bahwa variabel efikasi diri lebih besar dibandingkan dengan variabel pada social support, kemudian 86,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Support, Efikasi Diri, Flow Akademik |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB4 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | REZZA MUTIYA PRISILLA |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:55 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127868 |
Actions (login required)
View Item |