SATUAN LINGUAL PENANDA EKSPRESI CEMAS DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA: HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Purwanto , Wahyu (2011) SATUAN LINGUAL PENANDA EKSPRESI CEMAS DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA: HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_Bab_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Bab IV)
6)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_Dastar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah bentuk satuan lingual yang menyatakan ekpresi cemas dalam novel Ketika Cinta Berstasbih karya Habiburrahman El Shirazy tinjauan sosiolinguistik? (2) Bagaimanakah makna satuan lingual yang menyatakan ekspresi cemas dalam novel Ketika Cinta Berstasbih karya Habiburrahman El Shirazy tijauan sosiolinguistik? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk satuan lingual dan makna satuan lingual yang menyatakan ekspresi cemas dalam novel Ketika Cinta Berstasbih karya Habiburrahman El Shirazy tijauan sosiolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif induktif. Objek penelitian yang dianalisis adalah satuan lingual yang menyatakan ekspresi cemas dalam kalimat novel Ketika Cinta Bertasbih. Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini menggunakan teknik pustaka, catat dan simak. Satuan lingual berwujud kalimat diklasifikasikan menjadi 7 yaitu kalimat penuh atau sempurna atau lengkap, kalimat tak sempurna, kalimat inversi, kalimat majemuk, kalimat tanya, kalimat seru, dan kalimat pernyataan. Terdapat tiga jenis ekspresi cemas yang diklasifikasikan yaitu cemas objektif, cemas neurotik, dan cemas moral. jenis cemas yang paling dominan dalam data di atas yaitu cemas moral dengan 22 data. Terdapat lima makna satuan lingual yaitu, makna kontekstual, makna referensial, makna denotatif, makna konotatif, dan makna asosiatif. Jenis makna yang paling dominan dalam novel Ketika Cinta Berstashbih yaitu makna denotatif dengan 13 data.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Satuan Lingual, Ekspresi Cemas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 10:23
Last Modified: 31 May 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item