FITRIYANA, INDAH (2011) ASPEK PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DAN GOTONG-ROYONG PADA TRADISI LAMPORAN (Studi di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (260kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai sejarah dan latar belakang, alat yang digunakan, prosesi dan aspek pendidikan nilai religius dan gotong-royong tradisi Lamporan di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan mencatat arsip maupun dokumen yang berupa foto dan laporan pelaksanaan tradisi Lamporan. Untuk menguji keabsahan dan reliabilitas data dengan cara triangulasi khususnya triangulasi sumber data, sedangkan untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi Lamporan adalah tradisi yang diadakan setiap satu tahun sekali pada Hari Jum’at Legi Bulan Sura selama tujuh hari, di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Tradisi tersebut memiliki banyak makna, yaitu mengenai prosesi ritual, peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam pelaksanaan tradisi. Selain itu, tradisi Lamporan juga mempunyai aspek pendidikan nilai religius dan gotong-royong. Aspek pendidikan nilai religius tradisi Lamporan adalah usaha tolakbala, dan merupakan upacara yang sangat penting karena menyangkut keselamatan dan kesejahteraan desa. Selain itu, untuk lebih meningkatkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena diberi berkah serta pertolongan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Aspek pendidikan nilai gotong-royong tradisi Lamporan adalah sebagai acara yang menggambarkan falsafah kehidupan gotong-royong penduduk Desa Kacangan dan sifat kebersamaan yang dimiliki sebagai sebuah bentuk ucap syukur yang ditunjukkan dengan cara memperingati dan terus melestarikan dari suatu hal yang pernah terjadi atau pernah dirasakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A220/2011-39 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Religius dan Gotong-royong, Tradisi Lamporan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2011 09:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12729 |
Actions (login required)
View Item |