IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS II MAN 1 NGRAMBE, NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011

WARDHYANA , IKE SETYA (2011) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS II MAN 1 NGRAMBE, NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Akuntansi melalui Implementasi Improving Learning dengan metode Role Playing pada siswa kelas XI IPS II MAN I Ngrambe tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanya dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS II MAN I Ngrambe Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Hasil penelitian ini yaitu implementasi improving learning dengan metode role playing dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS II MAN I Ngrambe Tahun Ajaran 2010/2011. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang yaitu meliputi keaktifan bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan implementasi Improving Learning dengan metode Role Playing. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan melalui dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II keaktifan siswa dapat meningkat karena siswa dapat terlibat langsung secara aktif dalam penerapan metode yang digunakan. Dari kelebihan metode Role Playing tersebut siswa dapat memunculkan pertanyaan- pertanyaan, ide- ide baru serta siswa mampu menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut didukung oleh fakta- fakta sebagai berikut: (1). Keaktifan siswa sebelum diadakan tindakan (27, 57%), setelah diadakan siklus putaran I meningkat menjadi (68, 95%), dan meningkat menjadi (82, 74%) pada siklus putaran II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi Improving Learning dengan metode Role Playing, keaktifan siswa, akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 09:36
Last Modified: 31 May 2011 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item