SUGISTIANTI, PRIHASTA (2011) INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (130kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Download (176kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2008 dengan julmah seluruhnya 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi ganda yang diperoleh adalah Y = 1,502 + 0,016X1 + 0,020X2 2) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,173 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 4) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 22,047 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan memberikan sumbangan efektif 20,5%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,9%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar mahasiswa, intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2011 09:10 |
Last Modified: | 31 May 2011 09:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12719 |
Actions (login required)
View Item |