STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO CABANG YOGYAKARTA

WIBOWO, PUTRI WIJAYANTI (2011) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Dalam memasuki era globalisasi pengusaha Rumah Makan harus jeli dalam memasarkan produknya. Keberhasilan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta dalam memasarkan keunggulan dan keunikan produknya tergantung dari cara penyampaian pesan kepada masyarakat. Dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu diharapkan nama Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta akan semakin terkenal dan semakin menarik minat konsumen untuk mau datang ke rumah makan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan adalah media cetak, media elektronik, publikasi, corporate identity, sponsorship, word of mouth (WOM), promosi penjualan, dan kolateral (Booklet/Leaflet). Media cetak yang digunakan adalah media cetak lokal. Sedangkan media elektornik, yaitu radio dan televisi. Publikasi yang dilakukan adalah dengan membuat blog di internet tentang Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Corporate identity ini ditunjukkan melalui logo dan papan nama Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Promosi penjualan dilakukan dengan cara memberikan voucher discount sebesar 10%. Sponsorship yang dilakukan adalah dengan menjadi sponsor kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh kalangan pelajar atau mahasiswa atau acara seminar yang diselenggarakan di Yogyakarta. Selain sponsorship, word of mouth (WOM) juga digunakan sebagai sarana promosi, yaitu dengan getok tular. Penggunaan sarana koleteral (booklet/leaflet) dilakukan dengan menyebarkan leaflet kepada masyarakat umum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011-004
Uncontrolled Keywords: Rumah Makan, strategi komunikasi pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2011 06:56
Last Modified: 16 Jun 2011 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item