PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM) DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) KANTOR CABANG SOLO KARTASURA

KURNIAWAN, NANDA (2011) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM) DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) KANTOR CABANG SOLO KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat pernyataan)
01._Surat_Pernyataan_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)

Abstract

Nanda Kurniawan, C 100070168. Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Automated Teller Machine (ATM) Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Solo Kartasura. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, mengkaji, dan memahami mengenai : Pertama hubungan hukum antara bank dengan nasabah pengguna ATM di Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Solo Kartasura, kedua tanggung jawab bank terhadap pengguna ATM di Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Solo Kartasura. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan mengunakan metode pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis. Dari segi yuridis penulis ingin melakukan penelitian tentang ATM dari peraturan hukum yang berlaku, sedangkan dari sisi sosiologis ingin mengetahui mengenai efektifitas peraturan hukum tersebut yang diberlakukan dalam praktek atau lapangan masyarakat. Dalam penelitian ini Lokasi penelitian dilakukan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Solo Kartasura, yang terletak di jalan Ahmad Yani No. 132 Kartasura. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan yakni dengan wawancara dan studi kepustakaan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan mengkaji buku-buku literatur, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen resmi dan sumber kepustakaan lainnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut pertama Hubungan hukum antara bank dan nasabah pengguna ATM terjadi setelah nasabah menandatangani formulir aplikasi rekening yang dibuat oleh pihak bank yang berbentuk perjanjian baku yang memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian yang diatur dalam pasal 1320. Kedua Bentuk tanggung jawab bank kepada nasabah pengguna ATM atas kerugian yang diderita nasabah berupa kartu tertelan, jumlah transaksi selisih, uang yang tidak keluar pada saat penarikan, rekeninng terdebet, pemalsuan kartu ATM dengan cara pelaku kehatan membuat kartu ATM palsu lengkap dengan magnetik stripe yang sudah berisi data dari kartu yang dipalsukan. Kata Kunci: ATM

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK C100/2011-09
Uncontrolled Keywords: atm
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2011 10:10
Last Modified: 23 May 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item