Peran Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Serta Pertanahan Kota Surakarta Mengenai Peralihan Fungsi Lahan Tanah Makam Menjadi Hunian Di Kampung Blangkon Serengan

Zulfar, M. Afrizal and , Dr. Nuria Siswi Enggarani, S.H., M.Hum (2024) Peran Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Serta Pertanahan Kota Surakarta Mengenai Peralihan Fungsi Lahan Tanah Makam Menjadi Hunian Di Kampung Blangkon Serengan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI FINAL.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (480kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Pemukiman adalah kebutuhan krusial masyarakat. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hunian, semakin meningkat pula konsumsi lahan. Keberadaannya yang begitu pokok seringkali menimbulkan permasalahan mengenai lahan yang hendak digunakan, salah satunya adalah alih fungsi lahan pada tanah makam menjadi hunian di Kampung Blangkon Serengan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis yuridis empiris yang disusun dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari sumber data primer berupa studi lapangan dan dikombinasikan dengan sumber data sekunder yang didapatkan dari bahan hukum primer dan sekunder. Data yang ada kemudian diolah dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari peneltian ini adalah: 1) Mengetahui peran Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Surakarta dalam terjadinya proses peralihan fungsi lahan di Kampung Blangkon Serengan; dan 2) Mengetahui apa saja hambatan yang ditemui dalam perlaihan fungsi lahan tanah makam menjadi hunian di Kampung Blangkon Serengan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Surakarta dalam hal alih fungsi tanah makam menjadi pemukiman berperan mengelola urusan perumahan, kawasan permukiman, dan pertanahan Kota Surakarta berdasarkan prinsip otonomi daerah dan tanggung jawab pembantuan. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DISPERUMKIMTAN) memiliki peran yang berbeda beda dalam 3 bidang yang terdiri dari bidang perumahan, pemukiman, dan pertanahan. Selama menjalankan tugasnya, DISPERUMKIMTAN menghadapi hambatan berupa tanah makam pikukuh yang sudah lama ada di makam tinalan tersebut, kurangnya anggaran biaya, dan belum dibangunnya area PDAM dan Pembuangan air kotor, sehingga Pemerintah harus fokus memberikan pelayanan terbaik supaya alih fungsi lahan tidak mengganggu lingkungan sosial dan kesejahteraan sosial khususnya masyarakat setempat dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agraria; Alih Fungsi Lahan; Makam; Pemukiman; Tanah;
Subjects: K Law
K Law > KI Indonesia Law > KG Law (General)
K Law > KI Indonesia Law
K Law > KI Indonesia Law > KP Hukum Perdata
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: M.AFRIZAL ZULFAR
Date Deposited: 21 May 2024 06:42
Last Modified: 21 May 2024 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/124227

Actions (login required)

View Item View Item