Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an Siswa SMP Al Islam Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024

Rohmah, Iin Hidayati and , Mohammad Zakki Azani, S.Th.I, M.Ed, Ph.D (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an Siswa SMP Al Islam Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
iinssss.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan (3).pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
bab I (2).pdf

Download (367kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2 (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab III)
bab 3 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab 4 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
bab 5 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka (3).pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
CamScanner 02-06-2024 22.35.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peran seorang guru Pendidikan Agama Islam menjadi sangat penting untuk membantu dan mendorong peningkatan minat serta kemampuan baca-tulis Al�Qur'an pada peserta didiknya. Penelitian ini mengambil subjek di SMP Al-Islam Kartasura, yang dilatarbelakangi oleh minat dan kemampuan membaca tulis Al�Qur'an pada remaja, terutama di usia sekolah mereka yang cenderung menurun. Pengaruh dari teknologi dan media sosial telah mengalihkan perhatian mereka dari pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningktakan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta siswa di SMP Al-Islam Kartasura, 2) Mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMP Al-Islam Kartasura. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan yang memanfaatkan pendekatan fenomenologi serta menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi, keabsahan data, serta metode analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan berbagai upaya, seperti program khusus baca tulis Al-Qur'an, motivasi siswa, penggunaan buku monitoring BTQ, ujian lisan, serta penggunaan metode yang efektif. Namun, ada faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi upaya ini. Faktor pendukung meliputi SDM guru yang memadai, dukungan dari guru dan orang tua, serta sarana dan fasilitas. Faktor penghambat diantaranya; keterbatasan waktu, kurangnya minat dan semangat siswa, pengaruh lingkungan, pergaulan teman, dan kemajuan IPTEK. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, penting untuk mengatasi faktor penghambat dan memanfaatkan faktor pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, remaja, kemampuan membaca, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IIN HIDAYATI ROHMAH
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:09
Last Modified: 12 Feb 2024 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/121779

Actions (login required)

View Item View Item