PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survei pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo)

NOPYARISTI , TIWI LIA (2011) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survei pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Angaran merupakan alat perencanaan dan pengendalian manajerial. Anggaran juga berfungsi sebagai alat untuk mengkoordinasi, mengkomunikasikan, memotivasi dan mengevaluasi prestasi. Keikutsertaan para manajer ini sangat penting dalam upaya memotivasi bawahan untuk turut serta mencapai tujuan pemerintah daerah. Partisipasi ini memungkinkan terjadinya komunikasi yang semakin baik, interaksi satu sama lain serta bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Partisipasi ini semakin meningkat ketika manajer memiliki tingkat komitmen organisasi tinggi, karena memiliki pandangan positif dan berusaha berbuat yang terbaik demi kepentingan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survey melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Sampel yang diambil adalah kepala dinas/badan/kantor, sekertaris, dan kepala sub bagian di SKPD Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial aparat SKPD Kabupaten Sukoharjo. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 6,807 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya semakin tinggi partisipasi anggaran, maka semakin tinggi pula kinerja manajerial dari aparat SKPD; (2) Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial aparat SKPD Kabupaten Sukoharjo. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 4,305 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya semakin tinggi komitmen organisasi, maka semakin tinggi pula kinerja manajerial aparat SKPD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran, Komitmen Organisasi, Kinerja Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 10:08
Last Modified: 04 May 2011 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item