Nawastuti, Tasya Oktavia and , Dr. Atiqa Sabardila, M.Hum. (2024) Majas Simile Dalam Kumpulan Puisi Modern: Sebuah Pendekatan Semantik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB TASYA.pdf Download (430kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (471kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
Abstract
Puisi modern merupakan bentuk puisi yang berkembang pada abad ke-20 dan 21, yang menghadirkan gaya penulisan yang lebih bebas, eksperimental, dan sering kali melibatkan penggunaan majas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penanda majas simile dan menganalisis implikasi penggunaan majas simile dalam kumpulan puisi modern terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA menggunakan pendekatan semantik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada majas perbandingan (simile) dalam kumpulan puisi modern yaitu sebanyak 21 judul puisi modern yang menjadi objek penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah kata, frasa, atau kalimat yang dapat didefinisikan sebagai majas perbandingan, makna yang dapat disampaikan melalui majas perbandingan, serta tujuan penggunaannya dalam puisi modern. Hasil penelitian menemukan bahwa pada kumpulan puisi modern ditemukan adanya penggunaan beberapa jenis majas. Majas yang dominan dalam kumpulan puisi tersebut adalah majas simile dengan jumlah sebanyak 21 majas, simile dengan pemarkah bagaikan/bagai sebanyak 10 majas, simile dengan pemarkah seperti sebanyak 9 majas, simile dengan pemarkah bak sebanyak 1 majas dan simile dengan pemarkah laksana sebanyak 1 majas. Pemanfaatan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan efektivitas pengajaran di SMA dengan memperbarui dan memperkaya konten bahan ajar tentang puisi. Menerapkan pendekatan berbasis bukti dalam pengembangan bahan ajar puisi. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap majas dalam puisi. Melatih siswa dalam menganalisis konteks puisi. Menginspirasi siswa dalam mengembangkan kreativitas menulis puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | majas, simile, puisi modern, semantik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5101 Indonesian Language Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | TASYA OKTAVIA NAWASTUTI |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:15 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/120731 |
Actions (login required)
View Item |