PEMANFAATAN KEBUN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NYARASWATI , RATIH (2010) PEMANFAATAN KEBUN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfatan kebun sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah guru Biologi dan siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas (VII1 – VII5). Sampel diambil sebanyak 36 siswa dan guru biologi kelas VII SMPN 1 Tunjungan Kabupaten Blora sebanyak 1 orang guru yang diambil dengan teknik purposive cluster sampling, yaitu kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas terendah. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawanc ara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Biologi siswa setelah memperoleh pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kebun sekolah sebagai sumber belajar lingkungan berupa kebun sekolah memperoleh rata-rata sebesar 8,62 lebih tinggi dari hasil belajar pretes sebesar 7,33. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah: pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII semester I SMP N 1 Tunjungan kabupaten Blora tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebun sekolah, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 08:19
Last Modified: 27 Apr 2011 08:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item