PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Rahayu, Tri (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040035.pdf

Download (97kB)
[img] PDF
A420040035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Discovery (penemuan) adalah proses mental dimana siswa mengasimilasikan suatu konsep atau suatu prinsip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia menggunakan pendekatan Discovery Terpimpin pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur dan data yang diperoleh dari tes I, II, dan III di analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi pada siklus I ranah kognitif = 6,87 atau meningkat sebesar 0,79 dari nilai awal ; ranah afektif = 28,903 termasuk kategori kurang berminat ; ranah psikomotor = 37,1. Rata-rata hasil belajar biologi pada siklus II ranah kognitif = 8,11 atau meningkat sebesar 1,24 dari siklus I ; ranah afektif = 31,12 termasuk kategori cukup berminat atau meningkat sebesar 2,217 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif = 9,11 atau meningkat sebesar 1 dari siklus II ; ranah afektif = 40,48 termasuk kategori berminat atau meningkat sebesar 9,36 dari siklus II; ranah psikomotor = 40,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Discovery Terpimpin meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Discovery Terpimpin, hasil belajar biologi, ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2009 06:35
Last Modified: 25 Oct 2011 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item