Rahayu, Tri (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040035.pdf Download (97kB) |
|
PDF
A420040035.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Discovery (penemuan) adalah proses mental dimana siswa mengasimilasikan suatu konsep atau suatu prinsip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia menggunakan pendekatan Discovery Terpimpin pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur dan data yang diperoleh dari tes I, II, dan III di analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi pada siklus I ranah kognitif = 6,87 atau meningkat sebesar 0,79 dari nilai awal ; ranah afektif = 28,903 termasuk kategori kurang berminat ; ranah psikomotor = 37,1. Rata-rata hasil belajar biologi pada siklus II ranah kognitif = 8,11 atau meningkat sebesar 1,24 dari siklus I ; ranah afektif = 31,12 termasuk kategori cukup berminat atau meningkat sebesar 2,217 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif = 9,11 atau meningkat sebesar 1 dari siklus II ; ranah afektif = 40,48 termasuk kategori berminat atau meningkat sebesar 9,36 dari siklus II; ranah psikomotor = 40,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Discovery Terpimpin meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan Discovery Terpimpin, hasil belajar biologi, ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 May 2009 06:35 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1190 |
Actions (login required)
View Item |