Irnawati , Ika Ufik (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA DENGAN MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (34kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media gambar dan alat peraga uang dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan sampai tiga angka pada siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 05 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan melalui penggunaan media gambar dan mata uang dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan sampai dengan tiga angka, dapat terjawab dan teruji kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pembelajaran siklus I dari 30 siswa yang telah tuntas ada 17 siswa atau 56%, sedangkan siklus II hasil pembelajaran dengan indikator hasil nilai formatif terdapat 25 siswa yang tuntas atau 84 % dan pada siklus III secara keseluruhan dapat tuntas atau sebanyak 30 siswa mencapai ketuntasan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar matematika Penggunaan media gambar dan alat peraga mata uang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 08:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 08:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11863 |
Actions (login required)
View Item |