PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010

YULIANA, WIDYA (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERISIDOKERTO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Depan_Widya_Yuliana_Syarat_Wsuda.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_Widya_Yuliana.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab__II__Widya_Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab__II__Widya_Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Widya_Yuliana_revisi_ujian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Widya_Tuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Widya_Yuliana.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1Widya_Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Tahun 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan PTK. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar IPS siswa kelas IV Semester II sebelum siklus 65, pada siklus I sebesar 70, pada siklus II sebesar 75 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase etuntasan belajar siswa sebelum siklus menunjukkan angka sebesar 62,5 % (10 siswa tuntas belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa)pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 12 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 16 siswa), pada siklus II sebesar 100 % (16 siswa tuntas). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari sebelum siklus ke siklus I selanjutnya ke siklus II. Berdasarkan uaraian di atas maka disimpulkan sebagai berikut: Melalui metode mind mapping dapat meningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Sidokerto Plupuh Sragen tahun pelajaran 2009 / 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-015
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 05:49
Last Modified: 04 May 2011 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item