PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KEC. JATIYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010

WULANDARI , DWI (2010) PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KEC. JATIYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 03 Wonorejo melalui metode snowball throwing, (2) Untuk mengetahui dampak kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 03 Wonorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research/CAR) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelasnya focus terhadap kualitas pembelajaran yang meliputi proses dan hasil pembelajaran di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 03 Wonorejo tahun ajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif yaitu metode snowball throwing. Data yang digunakan sebagai pembanding adalah nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS semester II tahun ajaran 2009/2010. Pada kelas yang dilakukan tindakan pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas didapatkan hasil : (1) Pembelajaran IPS menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa. (pra siklus = 37,3%, siklus I = 52%, siklus II = 68,67%, siklus III = 76,67%) (2) Adanya dampak peningkatan tingkat kreatifitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa (pra siklus = 52%, siklus I = 60%, siklus II 68%, siklus III = 88%). Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Penggunaan metode snowball throwing pada pokok bahasan usaha ekonomi di Indonesia dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa. (2) Peningkatan kreatifitas belajar siswa berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode snowball throwing, kreativitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 09:52
Last Modified: 25 Apr 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item