ROHMAH , ATIK WINARNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (146kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II 70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan 43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 09:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2011 09:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11842 |
Actions (login required)
View Item |