PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011

ROHMAH , ATIK WINARNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD N. GUMPANG 01 TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD N Gumpang 01 yang berjumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun datar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 43,90%, putaran I 58,97%, pada putaran II 70,73%, dan di akhir tindakan 81,40%, 2) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 48,78%, putaran I 64,10%, putaran II 73,17%, dan di akhir tindakan 86,04%, 3) Nilai siswa lebih dari KKM (≥60) sebelum tindakan 43,90%, putaran I 61,54%, putaran II 68,29%, dan di akhir tindakan 79,07%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 09:30
Last Modified: 25 Apr 2011 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item