SUTANTO , TEGUH (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW KELAS V SDN 03 JATISOBO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Bab II)
02.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab III)
03.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
04.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF (Bab V)
05.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
07.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. bagi siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) Pra Tindakan jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 16 anak atau 73 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas KKM 6 anak atau 27 %, (2) siklus I jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 12 anak atau 54,5 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas KKM 10 anak atau 45,5 %, (3) siklus II jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 6 anak atau 27 % sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 16 anak atau 73%, (4) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 0 atau 0 %, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 22 anak atau 100%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V semester I SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 09:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2011 09:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11840 |
Actions (login required)
View Item |