RUSDIANTO , FEBRY DINTA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) PADA SISWA KELAS V SDN BANJARSARI TERAS BOYOLALI PADA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (122kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banjarsari Teras Boyolali yang berjumlah 30 siswa sebagai subjek pemberi tindakan, dan Objek adalah SDN Banjarsari. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi 1)mengerjakan soal ke depan kelas diawal Siklus mencapai 50% dan di akhir siklus mencapai 83, 33%, 2) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada awal siklus 46, 66% dan diakhir siklus mencapai 80%, 3) mengajukan ide/tanggapan pada guru di awal siklus 50% dan diakhir siklus mencapai 86, 66%,4) membuat kesimpulan pada awal siklus 50% dan di akhir siklus mencapai 83, 33%, dan 5) memanfaatkan sumber belajar pada awal siklus 83, 33% dan diakhir siklus mencapai 90%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1)kemampuan mengkonstruksikan soal pada awal siklus 73, 33% dan diakhir siklus mencapai 90%, 2)ketepatan penggunaan rumus pada awal siklus 76, 66% dan diakhir siklus mencapai 90%, 3) kemampuan proses perhitungan pada awal siklus 80% dan diakhir siklus mencapai 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | rak a510/2011-003 |
Uncontrolled Keywords: | pemahaman-konsep, pecahan, pendekatan-CUPs. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 09:07 |
Last Modified: | 04 May 2011 05:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11839 |
Actions (login required)
View Item |