LESTARI, INDRIANA PUJI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (82kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, dan guru matematika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek – aspek : a). Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,79 % dan diakhir tindakan 55,17 %. b). Keaktifan mengerjakan soal – soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,90 % dan diakhir tindakan 41,38 %. c). Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 51,72 %). d). Keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 34,48%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas rata – rata kelas yaitu sebelum tindakan nilai rata – rata kelasnya 61,21 sebanyak 14 siswa atau 48,28% dan diakhir tindakan nilai rata – rata kelasnya 75,72 sebanyak 24 siswa atau 82,76%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan berbasis Multiple Intelligences with Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | games, hasil belajar, keaktifan belajar, dan multiple intelligences. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2011 02:55 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11765 |
Actions (login required)
View Item |