KHUSNA , NOVIA NURUL (2011) PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (3) Memaparkan kebiasaan belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Siswa sekolah alam Ar Ridho sangat berantusias sekali saat mengikuti pembelajaran. Adanya persaingan yang sehat antar siswa dalam hal prestasi, sangat mempengaruhi kemampuan serta keaktifan siswa saat pembelajaran. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki setiap siswa dan guru yang mengajar di sekolah alam. (2) Dinamika aktivitas belajar matematika siswa di sekolah alam dapat menunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotor siswa. Sekolah alam memberikan kebebasan pada siswanya dalam hal belajar. Belajar sendiri dan belajar kelompok adalah pilihan bagi siswa sekolah alam. (3) Kebiasaan belajar matematika siswa di sekolah alam berbeda dengan sekolah pada umumnya. Dalam menerima pembelajaran siswa diberikan suatu kebebasan untuk memilih tempat dimana mereka akan belajar. Di sekolah alam siswa bisa belajar di dalam kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan fasilitas taman dan gazebo yang disediakan. Siswa dituntut untuk selalu aktif dalam setiap pembelajaran. Mereka selalu dikondisikan untuk belajar mandiri. Guru di sekolah alam selalu melibatkan siswanya saat proses pembelajaran. Dalam satu kelas, tidak semua siswa dapat menangkap pembelajaran dengan baik. Ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam menangkap pembelajaran(slowner). Untuk kelengkapan sumber belajar di sekolah alam cukup tersedia, diantaranya perpustakaan yang menyediakan banyak buku-buku yang mendukung pembelajaran matematika. Dalam menerapkan pembelajaran matematika, siswa dilatih untuk terjun langsung dalam kelas bisnis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Alam, perilaku belajar, antusias, dinamika aktivitas, kebiasaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 09:57 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 09:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11753 |
Actions (login required)
View Item |