PRIHATININGRUM , WAHYU (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, motivasi-belajar, pendekatan-kooperatif, media- pembelajaran, matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 09:53 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 09:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11752 |
Actions (login required)
View Item |