Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Berbasis Golden Habits Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023

Sayfuddin, Fachrizal Ardan and , Mohammad Zakki Azani, S.Th.I, M.Ed, Ph.D (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Berbasis Golden Habits Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publkasi.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
bagian awal new.pdf

Download (874kB)
[img] PDF (Bab I)
bab i.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (Bab II)
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampirannn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat rizal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia cenderung fokus pada potensi otak kiri (kognitif) sedangkan perkembangan otak kanan (emosi, empati, dan keinginan) seringkali diabaikan, bahkan dilupakan. Pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada mencetak insan-insan intelektual, tetapi juga berfokus pada moral. Oleh karena itu, pengembangan kepribadian individu harus dibentuk, dan diperkuat. Sehingga tidak hanya menghasilkan siswa yang berilmu saja, tetapi juga mampu mengembangkan sikap dan karakter positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Berbasis Golden Habits Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani di atas, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:1) Latar belakang diadakannya metode pembiasaan ini adalah dalam penyelenggaraannya di SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani pembiasaan menjadi salah satu metode agar menciptakan budaya sekolah yang sesuai dengan visi dan misi sekolah.; 2) Terdapat 9 bentuk pembiasaan di SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani, kegiatan-kegiatan pembiasaan tersebut dapat dikategorikan menjadi 9 jenis kebiasaan.; 3) Faktor pendukung dan penghambat metode pembiasaan terhadap karakter siswa SMP Muhammadiyah 9 Karanganom Program Khusus Rabbani adalah dari segi religius, dari sisi disiplin, dari sisi kepedulian lingkungan, dan dari sisi kepedulian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pendidikan Karakter, Golden Habits
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: FACHRIZAL ARDAN SAYFUDDIN
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:55
Last Modified: 17 Oct 2023 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/117399

Actions (login required)

View Item View Item