PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan SPNLDV Kelas VIII Tahun 2010/2011)

YESSICA K , CH. (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan SPNLDV Kelas VIII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._cover_-_abstrak.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._skripsi_bab_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
04._skripasi_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Skripsi_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Skripsi_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
07._skripsi_bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dan superitem pada pokok bahasan SPNLDV. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 34. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada peningkatan keaktifan belajar matematika pada pokok bahasan SPNLDV. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan meningkat 50%, b) mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat 29,41%, c) berani maju di depan kelas meningkat 32,36%, d) mengerjakan soal latihan meningkat 35,29%, e) berdiskusi dalam kelompok atau teman sebangku meningkat 29,41%. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus KKM (≥64) meningkat 41,18%, b) mempunyai nilai diatas rata-rata kelas meningkat 29,40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping dan superitem dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi belajar, mind mapping, superitem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:14
Last Modified: 20 Apr 2011 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11719

Actions (login required)

View Item View Item