KARDONO , KARDONO (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MEDIA CHART DAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa pada keliling dan luas segitiga dengan menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining dengan Media Chart dan Alat Peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Al-Islam Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa dalam: 1) Antusias dalam belajar meningkat dari 15 siswa (40,54 %) menjadi 33 siswa (89,19 %), 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari 25 siswa (67,57 %) menjadi 34 siswa (91,89 %), 3) Memberi tanggapan dari guru atau siswa lain meningkat dari 5 siswa (13,51 %) menjadi 23 siswa (62,16 %), 4). Mengerjakan soal-soal latihan dari guru meningkat dari 23 siswa (64,86 %) menjadi 35 siswa (94,59 %), 5) Menanyakan yang belum jelas meningkat dari 3 siswa (8,11 %) menjadi 22 siswa (59,46 %). Kesimpulan penelitian ini adalah Metode Student Facilitator and Explaining dengan Media Chart dan Alat Peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, pembelajaran matematika, student facilitator and explaining, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 10:16 |
Last Modified: | 19 Apr 2011 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11680 |
Actions (login required)
View Item |