Prabowo , Firman Adi (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (122kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, hasil belajar, pembelajaran matematika, pendekatan berbasis kontekstual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 03:18 |
Last Modified: | 19 Apr 2011 03:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11612 |
Actions (login required)
View Item |