SUHARDIATI, HERLINA ARI (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (125kB) |
|
|
PDF (Bab i)
3._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar PKn melaui media gambar pada siswa Kelas II SD Negeri 04 Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran PKn. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Dlepih Kecamatan Tirtimoyo, Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, yakni dengan membandingkan nilai tes antarsiklus dan prestasi belajar PKn awal siswa sebelum diberi tindakan. Yang dianalisis adalah nilai tes siswa sebelum menggunakan media gambar; dan nilai tes siswa setelah menggunakan media gambar; sebanyak dua siklus. Data yang berupa nilai tes antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: Kemamuan awal prestasi belajar PKn nilai rerata sebesar 64,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas sebesar 60%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rerata nilai PKn sebesar 68,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 80%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rerata nilai PKn sebesar 73,50 seluruh siswa yang berjumlah 10 siswa mendapat nilai 65 atau lebih ketuntasan secara klasikal telah mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas II SD Negeri 04 Plepih Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A220/2011-016 |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Prestasi Belajar PKn, dan Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Dlepih. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 08:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11546 |
Actions (login required)
View Item |