Jamil , Hafid Nur (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (295kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Wonigiri, untuk memaparkan peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan dengan media teks berjalan. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Wonogiri. Data yang diperoleh berupa hasil tes, hasil observasi, dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes serta teknik kualitatif yang diperoleh dengan menganalisis data non tes berupa hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca cepat dan pemahaman isi serta respon siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Wonogiri. Hasil kecepatan membaca pada pra siklus rata-rata 136 kpm, siklus I naik menjadi 163 kpm, dan siklus II menjadi 193 kpm. Pemahaman isi siswa pada pra siklus rata-rata 60%, pada siklus I rata-rata 65%, dan suklus II rata-rata 85%. Respon siswa yang meliputi perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keaktifan siswa dalam melaksanakan tugas guru, kerjasama dengan teman sebangku, dan keaktifan siswa bertanya ketika mengalami kesulitan mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Kebiasaan-kebiasaan lama yang menghambat kecepatan membaca seperti membaca dengan bersuara, menggerakkan kepala ke kiri ke kanan, menunjuk kata dengan jari, dan konsentrasi yang terpecah dari siklus ke siklus menjadi hilang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teks berjalan dapat meningkatkan kecepatan membaca, pemahaman isi, respon siswa saat menerima pelajaran, dan teknik membaca siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media teks berjalan, kecepatan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 05:00 |
Last Modified: | 15 Apr 2011 05:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11533 |
Actions (login required)
View Item |